• Breaking News


    Minggu, 06 Januari 2013

    IWAN FALS "Oi Tinggal Actionnya Saja"

    Dalam satu kesempatan Tim Tabloi berhasil mewawancarai Bang Iwan, disela-sela  latihan karate.
    "Wah ini edisi terakhir ya..?" kata Bang Iwan berseloroh, membuka pembicaraan  dengan Tim Tabloi sambil melihat-lihat dua edisi Tabloid Oi sebelumnya.
    Berikut petikan wawancara Tim Tabloi dengan Bang Iwan.

    Genap 12 tahun usia Oi, tanggapan Bang Iwan?
    (Bang Iwan menarik nafas dalam, sambil membetulkan letak duduknya). Oi harus terus  menggelinding tinggal actionnya (aksi) saja. Omongan teman-teman Oi di berbagai  diskusi dan acara-acara Oi yang saya ikuti sangat luar biasa. Dan SOPAN yang  menjadi pilar dari Oi harus tetap hidup.

    Program SOPAN Oi dalam konteks bagi bangsa menurut Abang?
    Jangan terlalu jauh dulu deh, beresin diri sendiri dulu, jangan muluk-muluk, paling  susahkan beresin diri sendiri (mengutip sabda sudah beres Oi) ketika nanti kita  dibutuhkan diluar gagah jadinya.

    Kongkritnya seperti apa Bang?
    Seperti kita melempar batu di telaga, riak gelombangnya menyebar... (Bang Iwan  berfilsafat). Kalau kita beres, keluarga beres, desa beres, kota beres, negara  beres, dunia beres, cosmos beres. Nah, kalau Oi sendiri sudah beres kan nanti  tetangga-tetangga melihat. Seninya, Olahraganya, Pendidikannya, Akhlak dan Niaganya  (SOPAN) harus tetap berjalan. Dan itu tugas dari semua anggota Oi, jangan hanya  cari identitas saja tegasnya. Nah kalau Oi sendiri sudah beres kan nanti tinggal  action saja, masa kita tidak bisa?

    Sejenak pembicaraan tentang ramainya demo BBM.
    "Wah, ternyata demo BBM tidak seseram yang diliput televisi ya? Mahasiswa itu  berani penting, kalau mahasiswa tidak berani wah repot. Saya coba orang rumah untuk  meliput sendiri peristiwa tersebut (demo digedung DPR/MPR-red) ternyata tidak  seseram itu. Malah sisi human interesnya yang saya lihat, seperti mahasiswa yang  ingin merobohkan pagar, permisi dulu sama pedagang disana. Mereka ikut membantu  memindahkan gerobaknya.
    Ada juga sepasang kekasih sambil makan ketoprak (hahahahah... Bang Iwan tertawa).

    Banyak kawan-kawan yang merindukan pertemuan Rebo'an Bang?
    Ooo... itu juga satu kerinduan saya, buat isian saya. Saya juga bisa lihat dan  mendapat manfaat banyak dari berbagai disiplin ilmu, saya butuh sebagai kebutuhan  intelektual saya. Kuliahkan mahal bener... dengan disikusi rebo'an saya bisa  mendengarkan langsung dari ahlinya di bidang disiplin ilmu masing-masing. (REBO'AN  adalah diskusi yang pernah diadakan setiap hari Rabu beberapa tahun lalu dikediaman  Iwan Fals, yang nama acara pada waktu itu OPINI RI, Obloran atas Pikiran dan  Nurani-red).
    Sebaiknya setiap kali pertemuan hanya membahas satu topik permasalahan yang sedang  hangat jadi jangan banyak tema yang diangkat malah jadi tidak fokus.

    Kampanye menanam pohon selalu jadi bagian konser-konser Abang.
    Bagi saya setiap hari adalah hari bumi. Kalau ada yang mengajak saya tampil  menyanyi wajib menananm pohon. Saya sadar kalau dilihat orang, siapa tahu tindakan  saya itu dapat mempengaruhi orang lain untuk berbuat sama dengan saya (menanam  pohon-red).
    Pohon itukan menyimpan oksigen, dalam Islam tiap daun berdzikir. Dalam perangpun  pohon mempunyai kedudukan mulia disamping perempuan, orang tua dan anak-anak. Kita  wajib melindungi!

    Kesan yang Bang Iwan dapat dari Oi?
    Banyak supir-supir truk di Jawa bahkan Sumatera juga memakai gambar logo Oi. Saya  sempat bertanya sama mereka kenapa pakai gambar Oi? Biar lancar Bang, kata mereka,  ha ha ha (Bang Iwan tertawa). Ternyata menurut mereka juga membuat nyaman.

    Masih aktif karate Bang...?
    Ya. Didalam olahraga karate ada kepribadian, sopan santun. Karate dikenal sebagai  gerbang sopan santun. Juga kejujuran dan pengendalian diri. Saya rasa semua  olahraga. Olahraga itu bisa mempengaruhi mood. Olahragawan tidak ada yang suntuk  dan stres. Orang yang suka olahraga pikirannya positif.* (Tim Tabloi)


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi