• Breaking News


    Kamis, 31 Januari 2013

    Peduli Lingkungan dan Konser Oi Surabaya


    Peduli lingkungan mewarnai penyelenggaraan Festival Pemuda dan Hari Pahlawan yang diadakan oleh Yayasan Pusaka Merah Putih dan Badan Pengurus Kota Oi Surabaya. Rangkaian acara dibuka dengan penanaman pohon mangrove di wisata mangrove Surabaya bersama Iwan Fals Sabtu (24/11/2012) yang dilanjutkan pada hari Minggu siang (25/11/2012) Konser Musik Peduli Lingkungan. Konser ini menjadi kampanye untuk menyebarluaskan kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan hidup.

    Festival bertema ‘Api Semangat Patriotisme untuk Indonesia Membangun’. Festival ini terkait dengan peringatan Hari Pahlawan. Oleh karena itu, nilai-nilai patriotisme dan semangat pantang menyerah yang termuat diwujudkan dalam bentuk pelestarian lingkungan hidup.
    ”Iwan Fals sangat dekat dengan isu lingkungan, itu terangkum pula dalam lagunya Tanam Siram Tanam,” kata Diana AV Sasa, Humas Festival Pemuda dan Hari Pahlawan.

    Sebelumnya, fun bike sebagai bentuk kampanye pentingnya udara bersih bagi kehidupan diadakan dengan titik start yang sama. Dengan bersepeda maka menjadi salah satu cara mengurangi polusi udara dari asap kendaraan bermotor.
    ”Saya ingat suku Mentawai itu menganggap pohon sebagai rumah Tuhan. Di samping saya juga dibesarkan dalam keluarga yang berkeyakinan untuk berbuat baik terhadap lingkungan,” papar Iwan mengenai alasan mengapa dia juga turut serta untuk melestarikan alam.
    ”Jika 300 tahun lalu bangsa asing datang ke Indonesia demi berburu rempah-rempah dan menjadi hebat karenanya, mengapa bangsa ini sendiri justru meninggalkannya?” imbuh Iwan. Jadi, sudah menjadi tugas masyarakat Indonesia ini untuk menjaga bumi bersama.
    Maka pada sarasehan Pemuda dan Hari Pahlawan yang digelar di lokasi parkir wisata mangrove Surabaya, Iwan mengajak semua anggota Oi mulai memperhatikan lingkungannya. Apalagi, anggota Oi rata-rata adalah kalangan muda.

    Penanaman simbolis pohon mangrove di pesisir Timur Surabaya . untuk menuju ke sana, Iwan beserta fungsionaris Oi seperti Bambang DH sebagai Pembina Oi Kota Surabaya serta hadir juga disana Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Oi, DR .Sony Trilaksono. Dalam sambutannya sebagai pembuka dalam acara menanam pohon Ketua Umum Oi menekankan kepada seluruh teman teman Oi di Surabaya maupun Nusantara; “Untuk dapat berlaku arif dan bijaksana dan memberikan contoh kepada masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar “. Seluruh peserta sarasehan harus berjalan kaki dua kilometer ke area Wisata Konservasi Mangrove Wonorejo -Surabaya, sebanyak 2.000 bibit pohon mangrove akan ditanam.(*)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi