• Breaking News


    Jumat, 22 Maret 2013

    BIOPORI : LUBANG KECIL SERIBU MANFAAT

    Oi TangselTeman teman Oi Tangerang Selatan sedang giat giatnya melakukan perawatan Bumi yaitu dengan gerakan seribu biopori ditengah Pesimisnya BLHD (BALAI LINGKUNGAN HIDUP DAERAH ) Tangerang Selatan, yang menargetkan tigapuluh ribu lubang Biopori, BPK Oi Tangerang Selatan terus saja berjalan melakukan kegiatan itu sambil diselingi sosialisasi ke beberapa Sekolah Dasar yang Berada di Ciputat, Pamulang serta Pondok Ranji.

    Bencana banjir memiliki beragam dampak terhadap kehidupan manusia, diantaranya merusak sarana dan prasarana, misalnya memutus jembatan sehingga transportasi terganggu, timbulnya beragam penyakit, terganggunya aktivitas sehari-hari, terganggunya perekonomian dan sektor pariwisata, serta rusaknya lingkungan apabila banjir tak kunjung surut. Namun, banjir tidak hanya memberikan dampak yang merugikan manusia. Ternyata banjir juga cukup menguntungkan, karena dengan adanya banjir air tanah dapat terisi kembali, menyediakan air yang cukup di kawasan kering, menyeimbangkan ekosistem khususnya di kolam, dan menambahkan nutrisi di danau untuk memajukan industri perikanan.

    Lantas, adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir?
    Sebenarnya, dengan mengubah perilaku hidup kita mengenai sampah sudah cukup membantu. Hentikan kegiatan buang sampah sembarangan, maka kemungkinan untuk terjadinya banjir akan semakin kecil. Selain itu, ada juga cara lain yang cukup membantu, yaitu dengan membuat lubang resapan biopori.

    Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa salah satu penyebab banjir adalah karena kurangnya daerah resapan air. Hal ini bisa diakali dengan pembuatan lubang resapan biopori. Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisme di dalamnya. Sementara, lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 20-30 cm dan kedalaman sekitar 100 cm yang diisi dengan sampah organik. Fungsi utama lubang resapan biopori ini adalah mencegah terjadinya run of water atau menggenangnya air secara sia-sia.

    Biopori oleh BPK Oi Tangsel
    Cara membuat biopori cukup mudah. Buat lubang sedalam 80-100 cm dengan diameter 20-30 cm. Masukkan sampah organik di dalamnya. Hal ini memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai sarana merawat lubang resapan biopori dan mencegah agar lubang tidak terisi material lain seperti batu. Mulut lubang dapat diperkuat dengan menggunakan semen.
    Tak hanya berfungsi sebagai alat untuk mempermudah meresapnya air, lubang resapan biopori juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai media pengomposan. Sampah organik yang diisi ke dalam lubang resapan biopori akan mengalami pelapukan sehingga membentuk pupuk kompos. Kompos ini dapat dipanen atau dimanfaatkan hasilnya setelah kurang lebih 2-3 bulan. Cara merawat lubang resapan biopori cukup mudah, hanya dengan memastikan bahwa lubang tersebut tetap terisi penuh dengan sampah organik.(*)


    1 komentar:

    1. biopori

      Maaf Gan...numpang Iklan

      Kami menawarkan jasa pembuatan Sumur Resapan dan Lubang Resapan Biopori untuk perumahan, kantor atau sekolah-sekolah. Dapat membantu menjaga kuantitas air tanah, mencegah genangan air dan dapat menyuburkan tanaman. Jika ada pembaca yang tertarik dapat menghubungi kami di nomor 085813126251 (Oky)
      Terima kasih

      Sebagai referensi, kunjungi halaman kami di http://resapanbiopori.blogspot.com

      BalasHapus

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi