• Breaking News


    Jumat, 01 Maret 2013

    FALS MANIA dan Oi MANIA... Apa Itu?

    'Fals mania' atau 'Oi mania' adalah bentuk kata yang tidak tepat dan menjadi salah kaprah jika dimaksudkan untuk menunjukkan suatu ekspresi perasaan kesukaan/kegemaran/kecintaan/loyalitas kepada Iwan Fals atau kepada Oi karena dapat berkonotasi negatif. Kata 'mania' yang sering menjadi embel-embel setelah kata 'fals' tidak bisa diartikan secara harfiah sebagai bentuk rasa suka/senang (bahagia).

    Nah apakah arti kata 'mania' itu? Mania berasal dari istilah dalam bahasa Yunani 'mainomai', yang artinya marah atau mengamuk. Mania menjadi istilah dalam ilmu psikologi yang dapat diartikan sebagai adanya perubahan suasa hati yang meningkat secara klinis. Mania yang berlebihan dapat berubahan menjadi 'sindroma mania' yaitu sekumpulan kondisi klinis/medis yang berat dan memiliki gejala utama peningkatan mood (alunan perasaan) ditandai dengan aktivitas fisik yang berlebihan disertai perasaan gembira yang luar biasa, yang secara keseluruhan tidak sebanding dengan peristiwa yang memicunya.

    Mania dan kebalikannya yang disebut dengan depresi adalah merupakan jenis penyakit psikologis yang lazim disebut dengan istilah 'bipolar disorder'. Bipolar disorder dapat terlihat sangat berbeda pada orang yang berbeda. Gejalanya bervariasi dalam pola, keparahan dan frekuensinya.(*)

    Oleh : Pudji Pamungkas




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi