• Breaking News


    Sabtu, 02 Maret 2013

    PENDIDIKAN DAN LATIHAN

    Diklat Oi
     
    Pendidikan dalam suatu organisasi adalah suatu proses pengembangan kemampuan kearah yang diinginkan oleh organisasi yang bersangkutan. Pelatihan merupakan bagian dari suatu proses pendidikan, yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan kusus seseorang atau kelompok orang.

    Apa itu Diklat (Pendidikan dan Pelatihan)

    Pertanyaan yang selalu ada disetiap kita yang awam, kita ambil sederhananya saja  Diklat adalah proses belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan diri, dengan tujuan meningkatkan Pengetahuan ,keterampilan dan sikap agar dapat melaksanakan satu tugas atau juga pekerjaan, baik itu untuk di satu perusahaan juga Organisasi dalam artian baik yang bersifat umum pemerintahan maupun pembangunan ,yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pengembangan partisipasi masyarakat.

    Ada beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli tentang diklat antara lain oleh Notoatmodjo (1992) beliau mendifinisikan Pendidikan dan Pelatihan adalah upaya untuk pengembangan sumberdaya manusia, terutama untuk pengembangan aspek kemampuan intelektual dan kepribadian manusi.

    Jadi diklat adalah salah satu faktor penting dalam pengembangan sumberdaya manusia terutama sekali kita dapat menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan, pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa Diklat adalah proses pengembangan kemampuan dan keterampilan, untuk peningkatan kemampuan anggota dalam rangka mencapai tujuan Organisasi yang efektif dan efisien.

    Bagaimana diklat yang diselenggaragan Ormas kita,yaitu Oi ? Masihkah diminati atau hanya sekedar mengisi satu kegiatan saja tanpa ada efek positif bagi pesertanya. Ormas Oi sudah sering melakukan diklat, sebelumnya diadakan Diklat Dasar Ormas Oi tingkat Nasional pertama yang berlangsung pada tanggal 25-27 Februari 2011 dan dilanjutkan denga diklat EO yang belum lama ini diselenggarakan oleh Badan Pengurus Pusat Oi. Seperti yang dikatakan sdr Alhafis Rana, Ketua Bidang Diklat BPP Oi, ”Dengan mengadakan diklat terus menerus dan berjenjang diharapkan nantinya akan mrlahirkan pemimpin-peminpin generasi Oi mendatang yang dapat memahami dan menyatukan visi Organisasi secara lebih baik lagi. Dapat menyesuikan dengan tantangan jamannya kedepan ( Ormas Oi )”.

    Diklat hanya dapat tercapai pada tujuannya dengan tiga unsure penting : yaitu penyelenggara, Widyaiswara (pengajar) dan peserta diklat dalam kondisi idea, kalau masalah penyelenggara dan widyaiswara sdah banyak diungkap ,tetapi bagaimana dengan peserta diklat ?! Ya…seharusnya peserta bermotivasi tingg dalam mengikuti diklat itu ,tapi memang susah motivasi peserta itu di control.
    Idealnya peserta yang mengikuti diklat, menganggap diklat dapat dipakai untuk meningkatkan kompetensi mereka, susahnya jarang peserta diklat yang bermotivasi seperti itu. (TEAM TABLOi)


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi