• Breaking News


    Jumat, 24 Mei 2013

    Barang Antik Pamulang

    Iwan Fals adalah sosok penyanyi, pemusik dan pencipta lagu yang kekuatan syairnya, nada lagu dan suaranya, mampu menyeruak ditengah percaturan musik Indonesia yang tengah dipenuhi lagu-lagu mendayu serta penyanyi wanita awal tahun 80-an. Nuasa baru yang ia hadirkan telah mengukir nama besarnya dalam sejarah musik Indonesia. Sehingga wajar apabila ia tetap dikagumi dan dihormati hingga saat ini. Tidak hanya mereka yang mengenal sejak 80-an, generasi muda di tahun 2000-an ini banyak pula yang menjadikan Iwan Fals sebagai idola. Anak-anak muda yang baru mengenal Iwan Fals pada awal tahun 2000-an banyak hafal lagu-lagu Iwan Fals yang diliris tahun 80-an, atau bahkan akhir 70-an!

    Diantara begitu banyak pengagum terutama para pemuda yang berbakat dan aktif bermusik tampaknya sangat sedikit group musik yang khusus memainkan karya-karya Iwan Fals secara serius dan konsisten. Persoalan timbre (warna vokal) menjadi dalih terkuat. Di sisi lain, lagu-lagu Iwan Fals ternyata enak dinikmati tetapi tidak begitu mudah untuk dimainkan secara berkelompok dalam sebuah group yang membutuhkan ''kesehatian''. Kenyataan itulah yang akhirnya menerbitkan gagasan lahirnya kelompok musik Barang Antik Band.

    Sudah semenjak akhir 80-an ide pembentukkan kelompok musik yang membawakan lagu-lagu Iwan Fals dicita-citakan oleh Hero Hanura, salah seorang pengagum yang senantiasa mengikuti perjalanan karir Iwan Fals sejak 1979. Namun niat itu selalu terbentur dengan kesuilitan mendapatkan teman yang berminat sekaligus ''Berani''. Selama 20 tahun (1983-2003), Hero menyanyikan lagu-lagu Iwan Fals dari panggung ke panggung, bermodalkan gitar akustik dan harmonika.

    Beruntung pada April 2003, pada sebuah kontes band di Jakarta, Hero berkenalan dengan beberapa anak muda yang menyambut baik gagasannya, pada tanggal 28 April 2003, dibentuklah kelompok Barang Antik (mengambil salah satu judul/album Iwan Fals). dari banyaknya pilihan, judul lagu tersebut dinilai sebagai yang paling unik dan menraik untuk dijadikan nama group, setelah sempat 2 kali naik panggung, kelompok musik Barang Antik melaksanakan hajatan peresmiannya pada tanggal 17 Mei 2003, bertempat di Pantai Bende Taman Impian Jaya Ancol Jakarta yang dihadiri seluruh personil, manager dan beberapa simpatisan, tanggal peresmian sekaligus ditetapkan sebagai hari jadi kelompok.

    Kebersamaan di dalam Barang Antik berjalan dengan lancar, faktor yang menguntungkan untuk kebersamaan adalah karena manager dan seluruh personil band berasal dari almamater kampus yang sama serta memiliki visi-misi yang tidak berbeda dalam bentuk bermusik.(*)


    Personil kelompok Barang Antik
    Vocal : Hero Hanura
    Gitar : Rudiansyah
    Bass : Majid
    Keyboard : Anton
    Drum : Iwan


    (Oleh : Asmaul Unna Faisal / Koresponden tablOi)



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi