• Breaking News


    Sabtu, 27 Juli 2013

    3 TIPS MENJALANKAN BISNIS DI SEKTOR UKM

    Kesempatan bisnis yang terbuka saat ini membuat banyak orang mencoba menjalankan bisnis berskala kecil/ menengah atau biasa disebut UKM. Mereka ini bisa saja seorang profesional yang ingin menyambi menjadi pengusaha, atau orang yang memang murni berprofesi sebagi pebisnis.

    UKM memiliki ciri khas tersendiri, sektor ini tidak membutuhkan modal yang besar. Walaupun begitu, sebuah UKM bisa saja berubah menjadi sebuah bisnis dengan skala besar dengan nilai yang fantastis. Namun, ini tidak terjadi dengan begitu saja. Seorang pebisnis UKM yang ingin berhasil harus punya persiapan dan juga upaya yang keras untuk membangung bisnisnya.

    Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan sebagai upaya untuk mambangun sebuah UKM yang sukses:

    1. Buatlah Rencana Bisnis/ Business Plan
    Tidak perduli bisnis itu besar atau kecil, yang namanya bisnis itu harus punya rencanya dalam menjalankannya. Kelalaian tidak membuat bisnis plan bisa mengakibatkan kerugian yang besar bagi seorang pengusaha karena dia tidak punya rencana untuk menjalankan bisnisnya itu.

    Mungkin ada orang yang berpikir ingin menjalankan bisnis karena ingin coba-coba dulu, jadi tidak perlu ada rencana. Tindakan seperti ini justru akan menghabiskan waktu, uang dan energi kita. Dengan membuat sebuah business plan, kita bisa belajar dan memprediksikan banyak hal terkait bisnis yang akan dijalankan, dan bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi tantangan yang mungkin timbul.

    Kita bisa membuat business plan sendiri atau belajar dari orang yang sudah berpengalaman dalam UKM. Ada beberapa komunitas pengusaha UKM yang bersedia memberikan informasi, pengalaman, dan saran yang baik dalam menjalankan UKM yang akan kita bangun. Dengan begitu, kita bisa membuat rencana bisnis yang meliputi gambaran tentang bisnis yang akan dijalankan, analisa pasar dan kompetisi, cara pemasaran yang baik, sumber daya manusia, produksi barang, finansial, dan lain-lain.

    2. Membuat Standar Pelaksanaan Bisnis
    Sama halnya seperti sebuah perusahaan besar yang memiliki SOP (standard operational procedure), sebuah UKM juga sebaiknya memiliki sebuah standard yang cukup baik. Dengan memiliki standard yang baik dan jelas, Anda dan karyawan dapat bekerja dengan lebih nyaman karena sudah ada aturan mainnya.

    Selain membuat karyawan bekerja lebih baik, dengan adanya SOP tentunya akan mengurangi jumlah kesalahan yang mungkin terjadi ketika menjalankan bisnis UKM Anda. Standard juga bisa diperbaiki atau diubah jika dirasa masih kurang baik, dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan.

    3. Melakukan Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan
    Setiap bisnis yang sukses biasanya melakukan promosi untuk memperkenalkan bisnisnya atau produk yang mereka jual ke pasar. Namun, pada pelaksanaan promosi, kita juga harus melakukannya dengan benar karena tidak semua jenis promosi akan cocok dengan Anda.

    Tehnik promosi itu ada banyak sekali ragamnya, ada yang dilakukan secara offline ataupun dilakukan secara online. Kita harus teliti memperhatikan, jenis promosi seperti apa yang paling efektif untuk bisnis kita. Selain itu, tentunya kita juga harus mempelajari target market terlebih dahulu, ini bertujuan untuk mengetahui siapa calon pelanggan yang paling potensial untuk bisnis kita.

    Memilih jenis promosi dan target market yang tepat akan membuat pelanggan UKM kita semakin banyak. Selain itu, biaya promosi juga tidak akan sia-sia karena ada hasil yang nyata untuk UKM Anda. Jika Anda ingin mempromosikan UKM Anda secara online, hal yang sangat penting diperhatikan adalah melakukan promosi dengan penuh etika. Jangan pernah melakukan spam pada orang, bukan hanya hasilnya yang tidak akan maksimal tapi juga akan merusak citra UKM Anda di mata orang lain.(*)

    (Oleh : Pudji Pamungkas)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi