• Breaking News


    Sabtu, 27 Juli 2013

    5 ANGKAH AWAL SEBELUM MEMULAI USAHA

    Menjadi seorang karyawan bukanlah suatu hal yang buruk. Tapi faktanya adalah banyak pekerja kantoran yang menjadi seorang pebisnis sukses lalu akhirnya meninggalkan pekerjaannya sebagai karyawan. Apakah Anda seorang karyawan kantoran tapi ingin membangun sebuah bisnis Anda sendiri?
    Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis tapi merasa kesulitan dengan posisi Anda sebagai karyawan kantor, maka Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

    1. Motivasi diri Anda
    Banyak calon pengusaha yang terlalu banyak membuat rencana, terlalu banyak mempertimbangkan segala sesuatunya, tapi akhirnya tidak jadi melaksanakan niatnya untuk berbisnis karena kurang termotivasi. Anda harus memikirkan ini baik-baik, apakah Anda benar-benar ingin membangun bisnis? Kalau Anda sudah mantap ingin berbisnis, maka Anda harus memotivasi diri Anda sendiri untuk menjalankannya.

    2. Atur waktu Anda sebaik mungkin
    Jika Anda seorang karyawan kantoran, pasti akan terasa sangat sulit mengatur waktu Anda untuk membangun bisnis. Membuat jadwal adalah hal penting jika Anda serius ingin membangun bisnis Anda sendiri. Gunakanlah waktu libur Anda atau setelah pulang kerja untuk melakukan persiapan yang dibutuhkan, misalnya seperti; membuat rencana bisnis, melakukan survey, mengumpulkan modal, dan lain-lain. Jangan pernah meninggalkan perkerjaan Anda dikantor untuk bisnis Anda karena itu akan membuat pekerjaan Anda tidak maksimal.

    3. Mempersiapkan keuangan pribadi
    Siapkan dana cadangan sebelum Anda mengeluarkan modal untuk memulai bisnis Anda. Mulailah menyisihkan gaji Anda dan menabungnya untuk keperluan biaya tak terduga, besarannya paling tidak 6-12 bulan dari pengeluaran bulanan Anda. Tujuannyan adalah untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi apabila bisnis Anda mengalami kerugian, dan setidaknya tabungan Anda bisa memenuhi kebutuhan harian Anda.

    4. Memilih model bisnis untuk Anda
    Jangan memilih model bisnis karena berdasarkan trend pasar karena sebuah trend bisa saja hilang. Jika Anda ingin berbisnis sebaiknya Anda memilih model bisnis yang sesuai dengan passion atau bidang yang Anda sukai. Akan lebih menguntungkan lagi bila ternyata passion dan bidang yang Anda sukai itu ternyata menjadi sebuah trend di masyarakat, kombinasi yang akan membuat Anda sukses besar.

    5. Mindset dan adaptasi
    Anda pasti menemukan banyak perbedaan pada dunia kerja kantoran dengan dunia bisnis yang Anda jalani. Dunia usaha cendrung sangat dinamis sedangkan dunia kerja lebih pada rutinitas setiap hari. Mulailah mengubah mindset atau pola pikir Anda sebagai pekerja kantoran menjadi seorang pebisnis yang profesional.

    Seorang pengusaha pasti bisa melihat segala peluang, sekecil apapun itu. Seseorang yang memiliki jiwa entrepreneurship biasanya memiliki karakter dinamis, dan aktif mengaktualisasikan idenya. Kembangkanlah jiwa entrepreneurship Anda untuk mengubah kebiasaan takut menghadapi resiko. Jangan lupa untuk meminta dukungan dari keluarga dan orang-orang dekat Anda, karena ini dapat menjadi sebuah motivasi pada diri Anda untuk semakin maju. (*)

    (Oleh : Pudji Pamungkas)

    1 komentar:

    1. Tawaran Usaha

      Yang paling penting adalah persiapkan MENTAL

      Sebagai referensi, silahkan Klik Disini

      BalasHapus

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi