• Breaking News


    Kamis, 04 Juli 2013

    Festival “Tanam Bareng Teman” OI Jakarta Timur

    Jakarta (29/06), Kembali Ormas Oi mengadakan aksi Pelestrian Lingkungan. Hutan Kota Munjul yang terletak di Kecamatan Cipayung, bilangan Jakarta Timur,  dipilih Sebagai Lokasi Pelaksanaan Festival “Tanam Bareng ” ( TBT ) dengan Tema Luka Di Bumi Ini Milik Bersama, tempat yang cukup luas serta strategis untuk penanaman bibit-bibit tumbuhan, dan acara pendukung lainya .
    Lokasi tersebut memang sengaja dipilih oleh Badan Pengurus Kota (BPK) Oi Jakarta Timur dan Panitia Pelaksana Acara yang di motori oleh Sdr .Dimas Atau Ojosh (panggilan akrab)  selaku Ketua Pelaksana, karena hutan kota Munjul mempunyai aspek investasi alam jangka panjang yang bagus untuk penghijauan.

    “Badan Pengurus Kota ( BPK ) Oi Jakarta Timur sendiri memiliki 36 Oi Kelompok, dengan rata-rata anggota 25-30 orang, dengan jumlah keseluruhan kurang lebih 800 anggota, alhamdulillah sampai saat ini kamu masih solid.“ begitulah info yang di berikan Sdr.Akmaludin selaku Ketua BPK Oi Jakarta Timur

    Festival Tanam Bareng Teman merupakan acara yang di buat untuk merasang kesadaran masyarakat luas terhadap keperdulian dengan alam yang di dukung dari unsur udara, tanah, dan air karena tiga unsur tersebut menjadi teman dalam keseharian kita. Bisa di rasakan sekarang seluruh elemen tersebut  terkontaminasi oleh limbah dan efek matrial sampah yang sulit di lebur sehingga menumbuhkan banyak penyakit dan bencana. “Dapat di artikan juga acara ini  menjadi wadah silahturahmi antara teman-teman Oi dan masyarakat luas yang ingin lebih dekat lagi satu sama lain terutama dengan Ormas Oi itu sendiri, sekalian memperkenalkan bahwa Oi bisa menjadi bagian dari Masyarakat Umum, dan juga untuk kembali menyadarkan masyarakat tentang keperdulian terhadap alam ini “ , begitulah yang diucapkan oleh Sdr.Dimas atau Ojosh.

    Sebelum acara berlangsung, TABLOI berkesempatan mewawancari Ibu Rosana Listanto (Yos) Ketua Umum Oi dan Bpk. Ainu Rofik (Sekjen BPP Oi), juga Finalis Puteri Indonesia perwakilan dari Banten, Della Erawati Dartiyan, yang memang menjadi tamu undangan di acara tersebut.

    Ditanya mengenai harapan yang ingin di ungkapkan oleh Mbak Yos (Ketua Umum Oi , selaku Istri dan Manager Iwan Fals) mengenai acara Festival Tanam Bareng Teman, beliau sedikit memberi wacana kepada kami
    Apa yang Mbak Yos harapkan dengan di adakan nya acara ini ?
    “ Untuk kebaikan kita harus mulai kapan pun , termasuk  juga hari ini ,karena alam merupakan bagian dari gaya hidup kita ,yang setiap harinya kita harus bersentuhan dengan-Nya ,saat alam sekitar mulai rusak. kita jangan cari penyebapnya, tapi lebih baik kita terus merawat...merawat..dan merawat..., mengacu pada lagu mas Iwan (Iwan Fals), jika besok kiamat hari ini kita harus menanam (red) ”
    Apakah acara tanam bareng teman ini bisa menular ke teman-teman yang lain ?
    “Iya Acara ini Pasti akan menular keteman-teman yang lain , karena mas Iwan  terus menularkan kampanye penanaman dan penghijauan di setiap perjumpaan atau acara konser dimanpun beliau berada , ini merupakan bagaian dari pelestarian alam kita yang semakin terpuruk .”
    Obrolan pun  sedikit menyinggung mengenai Hari Ulang Tahun Ormas Oi Ke-14.
     Konsep  apa yang akan di bentuk oleh  BPP ( Badan Pengurus Pusat ) Oi  untuk Hari Ulang Tahun-nya yang ke-14 nanti (16 Agustus 2013) ?
    “Konsep sedang di  konsulidasi-kan, karena setiap pemimpin baru harus ada yang di perbaiki dan harus mempunyai rencana kedepannya, dengan berkaca pada pengalaman yang ada di era kepemimpinan sebelumnya, ( Bpk. Sony Teguh Laksono ), sedikit banyak kita harus ada pembaharuan dan  perkembangan demi kepentingan Ormas Oi itu sendiri, salah satu konsep yang akan menjadi rencana di Ulang Tahun Oi ke-14  adalah penanaman pohon serempak di seluruh Indonesia, bareng teman-teman Oi dan masyarakat umum, sebagai upaya pelestarian alam, untuk  langkah selanjutnya akan di informasikan ke teman-teman Oi  yang lain.”  tutup Mbak Yos sambil tersenyum .

    Bapak.Ainu Rofik, atau Bang Rofik panggilan akrab teman-teman Oi  yang menjabat sebagai Sekertaris Jendral (Sekjen) Oi, memberi keterangan kepada Tim TABLOI mengenai Festival Tanam Bareng Teman (TBT) mengungkapan harapan yang ingin di sampaikan nya .
    Apa harapan yang bang rofik ingin sampaikan dalam acara TBT ?
    “Saya pribadi ingin mengucapkan terimakasih atas terselengaranya fesival Tanam Bareng Teman , karena ini merupakan langkah baik yang teman-teman Oi lakukan, dan semoga ini akan menginspirasi anak-anak muda lainya yang ikut serta dan melihat langsung acara ini,  juga untuk masyarakat luas dan kawan-kawan Oi sendiri, diharapkan pula masyarakat bisa melihat langsung kegiatan teman-teman Oi lakukan, ada sekumpulan anak-anak muda yang ikut melestarikan alam sekitarnya. Sehingga bisa menghijaukan lahan sekitar.“

    Wawancara pun beralih kepada Finalis Puteri Indonesia Perwakilan dari Banten, Della Erawati Dartiyan atau yang lebih akrab di panggil Della , ikut memberi dukungan harapan dengan diadakanya acara Festival Tanam Bareng Teman ini .
     “Jika kita tidak menanam dari sekarang lingkungan akan gersang, kapan lagi kita bisa bekerja untuk kehidupan alam, semoga dengan diadakanya Festival Tanam Bareng Teman mampu menginspirasi teman-teman muda lainya untuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan hidup, yang memang setiap hari kita bersentuhan dengan nya.“

    Dalam Acara Festival Tanam Bareng Teman, BPK Oi Jakarta Timur turut mengundang H. Baskara H. Sukarya selaku Dewan Pembina dan beberapa Perwakilan Tokoh masyarakat sekitar, diantaranya dari FORKABI (Forum Komunikasi Anak Betawi) , Pengelola Hutan Kota Munjul Bp. Suyatno, Lurah Munjul Ibu Iin Mutmainah (berhalangan hadir, mengutus perwakilannya), dan dari Polsek Metro Cipayung.

    Matahari pagi kian menyambut riuh riang masyarakat sekitar yang menyaksikan Festival Tanam Bareng Teman, tepat pukul 09.00 acara resmi di buka oleh yang saat itu Cubluk dan Nun  selaku pembawa acara pagi itu.
    Setelah acara di buka, langsung seluruh tamu undangan dan panitia pelaksana mengarah ke lokasi penanaman bibit pohon Abiu. Para tamu undangan di berikan satu bibit pohon Abiu sebagai simbolis upaya pelestarian alam.

    Seluruh pandangan mata lapisan masyarakat dan panitia tertuju ke sesi acara tersebut, karena acara penanaman bibit pohon Abiu, langsung di mulai oleh Mbak Yos selaku Ketua Umum Oi, dilanjutkan oleh Bapak. Ainun Rofiq diteruskan oleh Della Erawati Dartiyan lantas tak lupa Dewan Pembina BPK Oi Jakarta Timur Bapak.H.Baskara H.Sukarya ikut menanam, serta beberapa tokoh masyarakat di ikut sertakan untuk menanam.

    Acara di lanjutkan kembali dengan sambutan pembuka dari Ketua Panitia Pelaksana, saudara Ojosh yang dilanjutkan lagi oleh Ketua BPK Oi JAKARTA TIMUR, Sdr..Akmaludin atau biasa dipanggil Ustad ikut memberikan kata sambutan, tak lupa Ketua Umum Oi, Mbak Yos, Sekertaris Jendral Oi Bapak Ainu Rofiq dan Bpk. H.Baskara H.Sukarya ikut memberikan sambutan, juga beberapa tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut seperti perwakilan dari Pengelola Hutan Kota Munjul, Polsek Metro Cipayung, FORKABI, dan perwakilan Kelurahan Munjul, (Ibu Mutmainah - lurah Munjul) berhalangan hadir. Para tamu undangan memberikan apresiasi positif dengan di adakan nya Festival Tanam Bareng Teman.


    Selepasnya sambutan dari Panitia Pelaksana, dan Tamu Undangan acara berlanjut dengan pembukaan kain “Patung Daur Ulang” yang di buat dari sampah berbahan dasar plastik diantara sampah bekas botol air mineral, botol oli , ember, dan lain-lain. Patung artistik ini memakan proses pengerjaan selama satu minggu, dan di kerjakan langsung oleh seniman muda berbakat yaitu Hardi beliau hadir dari komuitas Instalasi Recycle ( Komunitas Daur Ulang Sampah ).

    Dalam Festival Tanam Bareng Teman ini, tidak hanya upaya pelestarian dan penghijauan saja yang diangkat menjadi tema nya, tapi juga ada pagelaran seni dan kreatifitas diantaranya “Workshop” atau jika dalam bahasa indonesia di istilahkan “Bengkel Kerja“, terbukti ada beberapa komunitas workshop kreatif anak muda yang ikut berpartisipasi dalam acara ini, dengan harapan workshop tersebut bisa bermanfaat dan  berbagi ilmu dengan masyarakat sekitara serta teman-teman dari Oi itu sendiri. Dapat di lihat beberapa komunitas workshop industri kreatif yang ikut bergabung diantaranya ada Kamera WORKSHOP,

    Lubang Jarum (Bau Tanah), Cukil Kayu, Atap Alis, Instalasi Recycle, Rumah Pohon, dan Origami,  mereka sangat antusias mengikuti acara Tanam Bareng Teman ini, karena dapat berbagi ilmu dengan masyarakat, dan mampu memperkenalkan komunitas mereka masing-masing.

    Tidak hanya sebatas Workshop yang dihadirkan dalam Festival Tanam Bareng Teman, ada juga BAND Penghibur sekitar ada 22 Band dan Pengisi Acara yang ikut memeriahkan festival tersebut diantaranya ada  NEPS Band, Milly Mensen, RUSAK Band, CEKIBER Band, MS.Cuong, Ikhwan Ramadhan, Kibar Esa, Varid Putra Mbah Surip, OI POTRET HIJAU Band, KPJ RAMBUTAN, THE LASKARBEATS, OI CEKAK band, OJOSH PLOTARIAN, JAMAICAN SUNRISE, VEGETARIAN, PROYEK 13 Band, DARMA WANITA OI JAKARTA TIMUR dan lain –lain.

    Dalam hal perniagaan masyarakat juga dapat mengisi dan meramaikan  acara dalam festival tersebut karenadi panitia mendirikan beberapa Stand Bazar yang di khusus kan kepada masyarakat dan teman-teman Oi yang senang berniaga atau berjualan dan juga ada beberapa Stand yang di khusus-kan memajang dokumentasi hasil kerja BPK Oi JAKARTA TIMUR.


    “Acara Festival Tanam Teman Teman tidak hanya menanam dan menumbuhan bibit bibit pohon yang telah di tanam , tapi semoga dengan di gelar nya acara ini, kita mampu juga untuk menumbuhkan bibit-bibit muda berbakat yang punya kreatifitas setelah melihat Workshop yang kami adakan dalam acara ini, karena jelas setiap manusia punya kreatifitas , tinggal bagaimana manusia itu sendiri mengembangkanya “ begitulah yang di ungkapkan.Ojosh kepada Tim TABLOI.


    Festival Tanam Bareng Teman ini ternyata benar–benar sebuah festival yang mengangkat kreatifitas kepemudann dan masyarakat, dengan mengharapkan kembali merangsang daya imajinasi kita untuk terus berkarya dan berbagi dengan sekitar, hal itu dapat dirasakan oleh teman-teman dan warga masyarakat yang menghadiri acara tersebut dengan di gelarnya “LUKIS MASAL DIATAS KANVAS” sepanjang kurang lebih 10 Meter.

     “Saya Merasa Senang dan bangga atas kerja keras dan upaya yang teman-teman Oi Jakarta Timur lakukan, dengan di adakanya Festival Tanam bareng teman ini, kita bisa mempererat tali silahturahmi antara BPK Se-Jabodetabek, karena di sinilah kita bisa di pertemukan dalam satu acara, dan juga diharapkan kita bisa lebih perduli lagi dengan lingkungan, sebab ini merupakan bagian dari pelestarian lingkungan dan akan kami canangkan terus kedepanya , Insya Allah“ ujar saudara Akmaludin selaku Ketua BPK OI Jakarta Timurkepada Tim TABLOI.

    Saat di tanya mengenai Program Jangka Pendek yang akan di jalankan oleh BPK OI JAKARTA TIMUR  saudara.Akmaludin pun angkat komentar, “Untuk Program jangka pendek saaat ini, Insya Allah karena mendekati ramadhan, kami akan menggelar sebuah acara tahunan, yang memang itu menjadi rutinitas setiap bulan Ramadhan, yaitu acara RAMADHAN CERIA dengan sub tema  Belajar Sambil Bekerja, dimana dalam acara tersebut merupakan aksi perduli Ormas Oi ke pada masyarakat,  khususnya untuk kalangan yatim piatu dan tidak mampu, dimana dalam acara ini Insya Allah kami menggelar santunan, buka puasa bersama, shalat traweh berjama’ah, ceramah agama, arak-arakan obor, workshop kreatifitas dan  lain-lain yang beraroma nuansa rohani juga sosial. “

    Kapan dan dimana acara RAMADHAN CERIA tersebut di laksanakan ?  Tanya Tim TABLOI Ke Sdr.Akmaludin  .
    “Insya Allah acara tersebut akan berlangsung tanggal 27 Juli 2013, di sekitar kawasan Cakung, Jakarta Timur.“ jawab beliau dengan sederhana.

    Acara ini (Festival Tanam Bareng Teman) turut di sponsori oleh beberapa pihak diantara nya  PT. Tiga Rambu, KOHI, Putri Indonesia, DAAI TV, Radio Sonora FM, Baskara Foundation, T-Nol, Rumah Zakat dan Coca-cola. Tidak hanya itu ada beberapa perwakilan dari teman –teman BPK Oi Tang-Sel, BPK Oi Jak-Sel, BPK Oi Jak-Ut, BPK Oi Bekasi, BPK Oi Jakarta Barat,dan BPK Oi Subang yang ikut menyaksikan dan meramaikan jalan nya Festival Tanam Bareng Teman.

    “Semoga untuk kedepan nya BPK Oi JAKARTA TIMUR, terus mencanangkan program Pelestarian Lingkungan, dan tidak hanya berhenti sampai disini, terus..terus..dan terus..., juga saya berharap acara Festival Tanam Bareng Teman ini, bisa dicontoh oleh teman-teman dari BPK Oi lainya, karena ini merupakan bukti keperdulian dan kecintaan kita terhadap lingkungan sebab memberi efek positif dan patut di tiru. “ begitu kalimat yang di ucapkan Mbak Yos sebelum pergi meninggalkan lokasi acara Festival Tanam Bareng Teman .

    Acara ini  terus berlajut  matahari terik di atas kepala tak meluluhkan keinginan masyarakat dan teman-teman Oi  untuk ikut menyaksikan berlangsungnya acara, Festival Tanam Bareng Teman.
    Hingga senja pun datang, bertepatan pula dengan malam  minggu,  maka  tak sedikit juga para muda–mudi membawa pasanganya dan masyarakat  yang  mengajak keluarga  untuk ikut berpartisipai atau meramaikan acara sampai saatnya acara di tutup pukul 23.00.
    Segenap jajaran panitia mengucap terima kasih kepada tamu undangan, pihak sponsor,  komunitas kreatif pemuda, masyarakat dan teman-teman Oi yang telah mendukung serta mensukseskan Festival Tanam Bareng Teman, semoga ke depanya BPK Oi JAKRTA TIMUR bisa lebih maju, salam Oi....!! (*)

    (Oghie dan arto / Penulis dan Foto :Oghie)


    3 komentar:

    1. selamat dan sukses buat BPK Oi JAKARTA TIMUR
      semoga akan menjadi amalan yang baik dan bermanfaat untuk masa yang akan datang...

      BalasHapus
    2. Mengatasi plastik ya harus mulai dibiasakan tidak menggunakan plastik. Misal gunakan Tray makanan dari kertas, bawa botol minum sendiri, menggunakan eco bag, dll.

      BalasHapus

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi