• Breaking News


    Senin, 24 Februari 2014

    AWET MUDA DENGAN DONOR DARAH

    Minggu 23 Februari 2014 Oi Merah Putih Hong Kong mengadakan kegiatan donor darah. Ini merupakan salah satu program kegiatan yang dilakukan setiap empat bulan sekali, mengambil tempat di Hong Kong Red Cross Blood Transfusion Servis CousWay Bay.

    Sebelum donor dilakukan cek kesehatan. Hanya  bagi mereka yang memenuhi sarat saja yang bisa berdonor. Diantaranya tekanan darah normal, tidak sedang mengkonsumsi obat, tidak mengindap suatu penyakit, dan sarat lain yang berhubungan dengan kesehatan.
    Ada beberapa anggota yang tidak bisa mengikuti donor, karena tekanan darah yang terlalu rendah, atau bagi yang tidak memenuhi sarat lainya yang ditentukan.
    Ada juga yang takut dengan jarum.

    Asrtid anggota Oi Merah Putih asal Semarang ini, takut dengan jarum akan tetapi, karena didorong oleh rasa ingin berbuat, maka dia nekad untuk donor.
    "Ditusuk dua kali darahnya nggak bisa keluar mungkin karena saya ketakutan kali ya, ya saya gagal." ungkapnya.
    Bagi sebagian orang, donor darah adalah suatu hal yang menakutkan. Namun taukah anda, bahwa donor darah sangat besar manfaatnya.


    Satu tetes darah adalah kehidupan bagi yang membutuhkan, disamping menolong mereka, sipendonor juga mendapatkan banyak manfaat antara lain : dapat memeriksakan kesehatan secara teratur, akan tumbuh darah baru setelah kita berdonor, bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung, kadar zat besi dalam tubuh tetap setabil, menurunkan berat badan sekitar 7 persen. Serta membantu mendeteksi masalah kesehatan, mengontrol tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan produksi sel darah merah.

    Donor darah juga bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal. Membuat hidup lebih bahagia dan awet muda. Hal ini disampaikan oleh dr. Farid dari PMI yang dimuat dalam situs resmi Koran Tempo, seperti ditulis dalam berita dwi mingguan Apa kabar. (*)


    (Yani Serdadu)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi