• Breaking News


    Rabu, 05 Maret 2014

    SATU-SATUNYA BAND TUNGGAL DI INDONESIA TERNYATA ANGGOTA Oi

    Satu orang memainkan 12 alat musik dalam waktu yang bersamaan. Sulit untuk kita bayangkan, One Man Band (OMB) adalah band musik yang dimainkan oleh satu orang.

    Yon Gondrong seorang pria 43 tahun asal Malang, mampu memainkan 12 alat musik seorang diri, dalam waktu yang bersamaan. Seniman yang sudah 20 tahun lebih tinggal di Bali ini, adalah orang pertama yang mendirikan band tunggal bahkan mungkin satu-satunya di Indonesia.

    12 alat musik yang dia mainkan secara bersamaan antara lain: Harmonika, panflute, kazzo, trumpet, gitar, perkusi set drum, pipe, obell, cimbal, tamborine dan beberapa alat musik buatan sendiri yang belum dikasih nama.

    Berawal dari Hamburg, disana Yon sempat berkumpul dengan pemusik jalanan One Man Band, bahkan  ikut mengamen. Pada tahun 2007 ketika kembali ke Tanah Air, maka Yon  mewujudkan One Man Band. Ia juga pernah mengikuti ajang mencari bakat disebuah stasiun tv.

    Bapak dua anak yang keseharianya bekerja sebagai landscaping ini, mengaku tertarik dengan OMB karena tidak ada habisnya untuk berinovasi. Tantangan kesulitan dan konsepnya banyak, faktor yang berbeda dari merakit alat hingga cara memainkan.
    Bagi seorang seniman seperti Yon Gondrong, ketika karyanya bisa menginspirasi orang lain adalah suatu kebahagiaan tersendiri.

    Saat dihubungi lewat media internet, dengan ramah ia menjelaskan.

    "Dulu rencana pingin bikin rekor MURI, tapi harus pakai uang dan blablabla. Aku seniman trotoar, walaupun sebenarnya banyak tawaran main di cafe- cafe, aku dah capek, dulu sering ngeband di Caffe. Aku sedih banget lihat pengamen di jalan-jalan yang memakai alat seadanya.
    Orang Indonesia harus kreatif kalau ngamen. Biar tidak terkesan ngemis, harus menghibur, apa lagi mereka sudah menjadi mata pencaharian itu intinya."
    Tutup bang Yon mengakhiri cerita.

    Yon Gondrong yang bermusik tidak sekedar mencari uang, tetapi lebih untuk tujuan sosial adalah salah satu anggota BPK Oi Depasar Raya.(*)




    (Oleh : Yani Serdadu)







    1 komentar:

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi