• Breaking News


    Selasa, 29 April 2014

    Oi MERAH PUTIH Dan BTM DI HARI KARTINI

    Berbagai acara dilakukan, oleh perempuan Indonesia, baik di Tanah Air maupun di Luar Negeri untuk memperingati Hari Kartini. Minggu 27 April 2014, Oi Merah Putih bersama Organisasi BTM (Beringin Tetap Maju), mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

    Acara yang digelar di Victoria Park- CousWay Bay dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat, diawali dengan doa bersama sebagai pembukaan, menyanyikan lagu kebangsan Indonesia Raya dan Ibu Kita Kartini.

    Peringatan hari kartini, yang bertemakan "PEREMPUAN INDONESIA BANGKIT DEMI PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK.", juga diisi dengan beberapa tampilan kesenian, diantaranya Tarian One Bilion Rissing,  yaitu seni gerak yang menceritakan kebangkitan kaum perempuan melawan ketidakadilan dan penindasan. Tidak ketinggalan tarian daerah yang dibawakan oleh dua Organisasi WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) dan Wanita Hindu Dharma Nusantara (WHDN)


    Puncak acara berupa perlombaan-perlombaan yang sifatnya merakyat dan bisa diikuti oleh seluruh buruh migran Indonesia yang ada di Hong Kong. Diantaranya lomba makan krupuk, mengambil kelereng dengan menggunakan sumpit, merias wajah dengan ditutup matanya, dan lomba memasukan pensil kedalam botol. Para peserta sangat antusias mengikutinya. Lomba yang menjadi pusat perhatian Warga Hong Kong ini memang terasa aneh bagi mereka dan sangat menarik.

    Selain untuk meramaikan peringatan Hari Kartini, lomba yang diadakan tersebut juga menunjukan kepada dunia luar, bahwa Indonesia mempunyai kekayaan budaya yang unik, yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Walaupun cuaca terasa panas namun lomba yang di ikuti olehi 240 peserta ini tetap penuh semangat.

    Dengan diadakanya lomba-lomba tradisional tersebut juga bertujuan untuk menjalin tali silaturohmi antar BMI. "Tujuan diadakannya lomba, adalah untuk menjalin silaturohmi antar buruh migran Indonesia, mengenang kembali  perjuangan RA Kartini, dan menggugah kembali semangat Kartini untuk lebih memajukan harkat dan martabat kaum perempuan." Kata Shanty Fals ketua Oi Merah Putih Hongkong.


    Sementara itu, Ketua BTM, Sumber, mengharapkan dengan peringatan Hari Kartini, buruh migran Indonesia mempunyai jiwa juang seperti RA Kartini. Lebih smart dan progresif dalam menuntut hak kaum buruh. "Harapan kita menjadikan buruh migrant mempunyai jiwa semangat seperti perjuangan Ibu kita Kartini. Lebih Smart dan progresif dalam menuntut dan memperjuangkan hak buruh migrant," ungkapnya.

    RA Kartini telah merubah nasib perempuan Indonesia, karena jasanya kini tugas perempuan Indonesia tidak lagi hanya disumur, dapur dan kasur. Ia telah menunjukan bahwa perempuan adalah, kaum yang menentukan pantas untuk memimpin dan revolusioner. Tanpa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan tentunya. (*)


    (Yani Serdadu)

    1 komentar:

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi