• Breaking News


    Minggu, 25 Mei 2014

    Rangkaian Konser Pelangi #2 ; JINGGA

     

    Setelah Konser Pelangi Merah digelar di kediaman Iwan Fals Desa Leuwinanggung Kecamatan Tapos beberapa waktu silam, kini Iwan Fals kembali mengadakan rangkaian konser kedua dengan tema Pelangi Jingga (14/5) di lokasi yang sama. Sekitar lima ribu penonton dari berbagai kota di Jadebotabek berbondong-bondong memadati Panggung Kita yang menjadi lokasi konser Iwan Fals. Cuaca yang sedikit mendung tidak menyurutkan animo para penonton yang dahaga dengan penampilan sang musisi legendaris Indonesia.

    Pagelaran konser yang dimulai pukul 15.00 itu dibuka dengan lagu Indonesia Raya dalam versi tiga stanza. Iwan Fals mengajak para penonton konser yang notabane dari kalangan Oi, Fals Mania, dan Komunitas Tiga Rambu untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam versi tiga stanza. Saat ditemui di Pendopo, kediaman Iwan Fals, Pendiri Ormas Oi ini mengaku ingin menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam versi yang seutuhnya. Sebab yang selama ini sering berdengung hanya lagu Indonesia versi stanza satu, tanpa menyanyikan stanza kedua dan ketiga. “Saya ini kan penyanyi. Saya nggak suka kalau lagu saya dipotong-potong walau pun karena alasan efisiensi. Waduhh, gimana ntar hasilnya. Kalau ada yang aslinya kenapa nggak?”, tandasnya saat TablOi konfirmasi. Ia berharap lagu Indonesia Raya versi tiga stanza ini bisa menjadi gaung selanjutnya untuk mengibarkan makna Indonesia Raya yang sesungguhnya.

    Pertunjukan selama dua jam itu berlangsung dengan tertib dan aman. Menu lagu yang “dihidangkan” pun tematik dengan saat pelaksanaan konser Pelangi Jingga ini. Dimulai dari lagu "Cendrawasih", "Robot Bernyawa", "Balada Pengangguran", "Gelisah", yang menyorot kegelisahan kaum proletar di pabrik-pabrik, klik dengan Hari Buruh Nasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei. Setelah menyorot nasib buruh Iwan Fals mencoba memotret kembali wajah pendidikan Indonesia yang selama ini semakin tidak bersahabat. Sang Legend menyinggung soal kasus pedofil di beberapa tempat. “Gara-gara kejadian itu keluarga jadi takut melepas anaknya sekolah. Pelakunya harus dihukum seberat-beratnya”.

    Stamformasi lagu yang ia bawakan terkait tema ini adalah "Untuk Yani", "Siang SD Sebuah Kampung", "Negara", dan "Untukmu Negeri", disusul "Nyanyian Jiwa". Iwan Fals mengambil momen sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei.

    Dalam kesempatan itu, AB3 tampil mengiringi Iwan Fals membawakan lagu "Katanya" dari album Raya, "Buku Ini Aku Pinjam", dan "Izinkan Aku Menyayangimu". Tak hanya AB3, artis terkenal Once pun ikut mewarnai Panggung Kita. Iwan Fals memberikan kejutan dengan membawakan lagu Dealova yang dinyanyikan Once. Sedangkan Once menyanyikan lagu "Satu-Satu". Rangkaian songlist penutup adalah "Mata Hati", "Karena Kau Bunda Kami", dan lagu baru yang diciptakan Iwan Fals, "Pelangi!"
     
    Harapan Iwan Fals dari konser ini tidak muluk-muluk. Ia memiliki harapan terciptanya silaturahmi yang damai, harmoni, seperti pelangi. Suami dari ketua Umum Ormas Oi ini pun berpesan agar para penggemarnya dapat mengambil pelajaran dari pelangi, walau pun berbeda tetapi tidak saling usil satu sama lain. Terciptanya keharmonisan, kedamaian, kerukunan, dan keindahan dari Tuhan yang tidak sanggup dilukiskan dengan kata-kata.
    Setelah Pelangi Jingga, rangkaian selanjutnya adalah Pelangi Kuning.

    (Fikri HM)







     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi