• Breaking News


    Selasa, 10 Juni 2014

    BPK Oi TEMANGGUNG ADAKAN JAMBORE DAN REALISASIKAN PROKER TANAM POHON Oi TARMIJAH HONGKONG

    Salah satu kebutuhan makhluk hidup yang paling mendasar adalah bernafas. Setiap saat manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Kebutuhan oksigen semakin hari semakin banyak, namun penyedia oksigen semakin terkikis. Tumbuhan, pohon-pohon banyak yang ditebang secara liar, hutan dibakar untuk membuka lahan industri. Hutan rusak, alam mulai bergoyak, ketersediaan oksigen untuk kebutuhan hidup manusia dan hewan semakin mendesak. Kerusakan hutan ini turut andil menyumbangkan masalah tanah longsor, kemarau panjang, dan banjir di banyak wilayah di Indonesia.

    Menyadari kondisi tersebut, kelompok Oi Tarmijah HK yang didirikan pada tanggal 22 Januari 2012 oleh Sudarti Jemaning (Sekar Ima Dee), Tri Susanti (Shanty Fals) dan kawan-kawan, yang mana pada bulan Juli 2013 sempat vakum sementara, kemudian aktif kembali pada bulan Agustus 2013 melalui Musyawarah Kelompok (muskel) dan Sdri. Roro Dinar Cucik Widarti (Agustine Fals) terpilih menjadi ketua Kelompok Oi Tarmijah,HK. Dalam Muskel Oi Tarmijah,HK pada Desember 2013 tercetus Program Kerja Tanam Pohon. Kelompok Oi Tarmijah,HK ingin mengajak masyarakat Indonesia agar sadar lingkungan, peduli terhadap alam sebagai tempat tinggal mereka, meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan hijau, dan membantu Pemerintah Daerah dalam penanggulangan resiko bencana. Dalam usaha untuk merealisasikannya, Oi Tarmijah,HK akan bekerjasama dengan BPK-BPK Oi yang ada di Indonesia.



    Proker Tanam Pohon ini rencana awalnya akan bekerjasama dengan OCC (Oi Crisis Center), badan otonom Oi bidang kebencanaan dan kemanusiaan. Namun, banyaknya bencana alam pada waktu itu, menjadi kendala OCC dalam membantu segera merealisasikan proker Tanam Pohon. Pihak OCC harus fokus menangani korban bencana alam seperti Sinabung Meletus, Kelud Meletus, Banjir Jakarta, Banjir Manado, Longsor, dan seterusnya yang terjadi hampir bersamaan.




    Berdasar catatan data, awal bulan Maret 2014 lalu BPK Oi Temanggung mengadakan kegiatan Tanam Pohon di salah satu SMP Negeri di wilayah Temanggung dan sepanjang 7KM jalan raya disekitar sekolah tersebut. Melalui obrolan singkat Desiana (Na Yang Tercinta) ,Humas Oi Tarmijah,HK dengan Sigit M Barock Ketua BPK Oi Temanggung disampaikan bahwa Kelompok Oi Tarmijah,HK juga memiliki Proker Tanam Pohon yang akan direalisasikan oleh OCC namun masih tertunda dan belum ada BPK Oi di Indonesia yang siap merealisasikannya.

    Menindaklanjuti obrolan diatas Ketua BPK Oi Temanggung menawarkan kesediaannya sebagai pelaksana realisasi Proker Tanam Pohon Kelompok Oi Tarmijah,HK yang akan diserentakkan dengan kegiatan Jambore Oi Temanggung. Informasi ini diteruskan oleh Desiana untuk berembuk dengan pengurus dan pembina Kelompok Oi Tarmijah,HK serta ketua OCC Sdr.Agus Wiradi, sehingga diperoleh kesepakatan bahwa realisasi Proker Tanam Pohon akan dilimpahkan kepada BPK Oi Temanggung. Sebagai bentuk dukungannya OCC memberikan surat pengantar untuk BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Temanggung.

    Seminggu sebelum acara Jambore dan Tanam Pohon, BPK Oi Temanggung on air di eRTe FM 94.8 Radio Temanggung guna sosialisasi ke warga Temanggung khususnya mengenai kegiatan tersebut dikarenakan peserta Jambore Oi Temanggung ini selain anggota Oi Temanggung sendiri, juga turut mengundang sekolah-sekolah SMA di Temanggung, komunitas di Temanggung, dan Oi se-Jawa Tengah.

    Jambore Oi Temanggung dan Tanam Pohon Oi Tarmijah,HK terlaksana tanggal 17-18 Mei 2014 di Lapangan Desa Tlahab Temanggung, dihadiri Bapak Camat Kledung dan Bapak Kapolsek Temanggung dengan jumlah peserta 250an orang dari Oi Temanggung, Oi Wonosobo, Oi Magelang, Oi Kendal, Oi Kebumen, Oi Solo, Oi Batang, Oi Purwokerto, Oi Purbalingga, Oi Wonogiri, Oi Klaten, Oi Demak, Oi Pekalongan, Oi Jepara, Oi Semarang, Oi Kudus, Oi Pacitan, Oi Malang Jawa Timur, Komunitas Outsiders SID, Kamtis Endang Soekamti, X-Friend Tipe X, Temu Camp, dan sekolah-sekolah di Temanggung SMK Jumo, SMK Dr.Soetomo, SMK Tembarak, SMA Islam Sudirman Tembarak.

    Kegiatan pada Sabtu,17 Mei dimulai jam 9 malam dengan pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Doa, sambutan-sambutan, pengenalan ormas Oi kepada peserta atau masyarakat Temanggung yang disampaikan oleh Bapak Slamet Mustaqiem dari Oi Wonosobo dan BPW Oi Jawa Tengah, Api Unggun, kemudian Pentas Seni Musik.

    Pada Minggu,18 Mei pagi, beberapa peserta berkunjung ke tempat wisata alam Posong di dekat lokasi Jambore. Disana peserta dapat melihat matahari terbit. Udara dingin sejuk pegunungan, hamparan ladang petani, dan semburat cahaya jingga di ufuk timur menimbulkan perasaan damai dan semangat di pagi hari itu.

    Kegiatan pada Minggu,18 Mei berupa Lintas Alam dan Realisasi Proker Tanam Pohon Oi Tarmijah,HK. Peserta membentuk lingkaran dan senam pagi terlebih dahulu yang dipandu oleh panitia. Lintas Alam dengan jarak 14KM pulang pergi ditempuh peserta dengan jalan kaki menuju lokasi Tanam Pohon. Dari 1000 bibit pohon Mahoni yang tersedia, hanya 500an pohon yang tertanam saat itu dikarenakan keterbatasan jumlah dan tenaga peserta. Menurut peserta dari Oi Klaten,Wahyu Aditya, “Capeek,, lintas alamnya jauuh. Medannya juga berat, bebatuan dan menanjak. Tapi terhibur karena pemandangan alamnya indah. Asyik juga.”  Kegiatan terakhir bersih-bersih lingkungan di sekitar camp dan lokasi Jambore.

    Kelompok Oi Tarmijah,HK bertanggungjawab sepenuhnya dalam kegiatan Tanam Pohon tersebut mulai dari pengadaan bibit pohon yang didapat dari Komunitas Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH), biaya transportasi pengambilan bibit pohon di Jogja, akomodasi peserta dan tamu undangan Tanam Pohon, dan perlengkapan acara Tanam Pohon. BPK Oi Temanggung sebagai badan pekerja pelaksana Tanam Pohon dan hanya bertanggungjawab pada Jambore saja.

    Seminggu setelah acara tersebut tepatnya 27 Mei 2014, Oi Temanggung meninjau pohon yang telah ditanam. Semua pohon dalam keadaan tertanam dan tumbuh dengan baik. Sisa bibit pohon yang belum tertanam, ditanam Oi Temanggung pada hari itu juga.

    Seperti di awal, dipengakhir rangkaian acara-pun BPK Oi Temanggung kembali on air, kali ini di Ova 101.3 FM Radio Temanggung berupa ucap syukur dan terimakasih kepada para peserta yang hadir, panitia, dan segenap pihak yang membantu terlaksananya Jambore Oi Temanggung dan Tanam Pohon Oi Tarmijah,HK, serta mengabarkan bahwa pohon yang ditanam oleh peserta baru saja ditengok dan dilakukan perawatan oleh Oi Temanggung.



    “Terima kasih atas kerjasamanya kepada BPK Oi Temanggung dan seluruh peserta Jambore yang telah berpartisipasi dalam merealisasikan Proker Tanam Pohon dari Kelompok Oi Tarmijah,HK. Harapan kami kedepan semoga semakin banyak teman-teman yang ikut ambil bagian menanam dan terus menanam, serta merawat untuk mengembalikan wajah hijau negeri kita yang konon sangat subur, makmur, gemah ripah loh jinawi. Lestari bumiku. Lestari Indonesia....”, sepenggal pesan yang ditulis Oi Tarmijah,HK. (*)

    (Yulisa Putri)


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi