• Breaking News


    Senin, 02 Juni 2014

    PERKEMAHAN TIGA HARI DUA MALAM (PETRIDUMA) BPK Oi JAKARTA TIMUR

    PETRIDUMA adalah agenda rutin yang diselenggarakan oleh BPK Oi Jakarta Timur, yang diadakan 1 tahun 1 kali, ataupun 2 tahun 1 kali, itu tergantung dengan kondisi dan kemauan anggota BPK Oi Jakarta Timur. Petriduma pada awalnya dikondisikan sebagai acara silaturahmi antar anggota Oi se BPK Oi Jakarta Timur. Kini acara tersebut lebih berkembang dan lebih modern, yaitu sebagai Program Kerja BPK Oi Jakarta Timur, sebagai adu kreativitas, sebagai pengokohan struktur organisasi, dan sebagai program peduli lingkungan. Walaupun tidak pernah melupakan sejarahnya, yaitu: sebagai acara silaturahmi. Selama 14.tahun berdirinya Oi Jakarta Timur, PETRIDUMA telah diselenggarakan sebanyak 6 kali, dengan mengambil lokasi yang berbeda-beda dan kepanitiaan internal, serta tema yang berbeda pula.

    Walaupun setiap penyelenggaraa.berbeda lokasi dan tema, Oi Jakarta Timur tetap mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial. Diantaranya:kerja bakti disekitar perkampungan lokasi Petriduma, santunan anak yatim, penanaman pohon serta kegiatan sosial-sosial lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membuktikan bahwa pemuda dan pemudi Oi selalu peduli akan keseimbangan alam. Petriduma sendiri adalah acara yang begitu sakral dan penting buat seluruh anggota Oi Jakarta Timur siapapun orangnya, apapun jabatannya dan apapun kesibukannya, bila merasa anggota Oi Jakarta Timur maka dengan sendirinya, wajib mengikuti dan menyukseskan kegiatan PETRIDUMA. Inilah yang membuat Petriduma sebagai acara bergengsi dikalangan anggota Oi Jakarta Timur. Dimana acara Petriduma ke 7 ini, dengan mengambil mengambil tempat di Cinumpang - Sukabumi, pada tanggal:27-29 Mei 2014. Kegiatan ini menjadi kebanggaan bagi anggota Oi Jakarta Timur bila ditugaskan sebagai panitia kegiatan PETRIDUMA.

    Setiap acara. Petriduma pasti melibatkan dan bekerja sama dengan BPK Oi dan Oi Kelompok dimana lokasi Petriduma diselenggarakan. Inilah yang di sebut program kerja sama antar Ormas Oi. Dimana kami sebagai Ormas Oi, saling tukar ide, kreativitas dan kepedulian terhadap sesama. Harapan setelah acara Petriduma selesai diselenggarakan, ide, kreativitas dan kepedulian terhadap sesama bisa di realisasikan di kota masing-masing. Terbukti tidak sedikit acara besar yang terlahir dari acara Petriduma.


    Maksud dan Tujuan PETRIDUMA

    Tema yang kami ambil kali ini dalam pergelaran acara Petriduma ke 7, sangat berkaitan dengan rencana tokoh kita atau salah satu pendiri Ormas Oi yaitu: Bapak Virgiawan Listanto atau "Iwan Fals". Yang rencananya akan menyelenggarakan konser "Nyanyian Raya", konser tersebut akan tercatat dalam sejarah pemecahan Rekor Dunia, "GUINESS BOOK OF RECORD" untuk jumlah penonton. Dari sebuah obrolan ringan bang Iwan Fals dengan anggota Oi Jakarta Timur, tentang kepedulian lingkungan dan sampah, lahirlah sebuah aksi nyata. Obrolan ringan yang didapat lalu disampaikan ke seluruh anggota Oi Jakarta Timur beserta jajaran pengurusnya, menjadikan itu sebuah topik diskusi ringan, obrolan ringan, dimanapun kami berkumpul, dan pada akhirnya diputuskan untuk mewujudkan obrolan itu menjadi aksi nyata kepedulian terhadap sampah. Pada kesempatan yang ada, Ketua Oi Jakarta Timur dan Sekjen Oi Jakarta Timur memutuskan untuk menyelenggarakan Rapat Akbar yang dihadiri oleh seluruh perwakilan 32 Oi Kelompok (BPKel Oi) se Jakarta Timur. Hasil rapat itu akhirnya di sepakati dan diputuskan bahwa aksi nyata tersebut harus diwujudkan.

    Lewat pergelaran acara PETRIDUMA 7, lalu lahirlah tema, "SILATURAHMI BERSIH MENUJU NYANYIAN RAYA", dengan mengambil lokasi di:Cinumpang - Sukabumi, pada tanggal:27-29 Mei 2014. Maksud dan pesan internal yang ingin kami sampaikan pada acara Petriduma 7, kali ini sangatlah mulia, dimana anggota Oi Jakarta Timur mulai dilatih untuk berdisiplin. Ini ditekankan jauh-jauh hari sebelum acara besar BPK Oi Jakarta Timur diselenggarakan, dalam hal ini PETRIDUMA 7. Kesadaran membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga lingkungan agar senantiasa bersih, ini sudah Terbukti.......!.

    Sedangkan maksud dan pesan untuk seluruh peserta dan masyarakat umum nantinya adalah membangun kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, serta senantiasa menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah dimanapun kita berada. Kesadaran lingkungan ini nantinya yang kami harapkan dibawa dan disosialisasikan ke lingkungannya para peserta Petriduma 7. Berharap juga tindakan positifnya dapat di tiru oleh masyarakat sekitar dan akhirnya meluas keseluruh masyarakat. Kesadaran inilah yang nantinya buat anggota Oi Jakarta Timur akan di jadikan modal untuk menyaksikan. Pergelaran Akbar Konser "IWAN FALS" Nyanyian Raya.. Bekal untuk menjaga lingkungan lingkungan agar tetap bersih dari sampah sudah ditanamkan di acara PETRIDUMA 7. Sehingga saat menyaksikan pergelaran Akbar Nyanyian Raya, seluruh anggota Oi Jakarta Timur dapat merealisasikan itu dan ikut mengingatkan kepada yang lainnya untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya saat acara Konser Fals berlangsung. Kami sebagai Ormas Oi hanya ingin membuktikan bahwa,"KAMIPUN PEDULI LINGKUNGAN DAN SAMPAH". (*)


    (Soedik Purnomo/Sbudi Bongkar - Foto ; Dok. Oi Jaktim)
     
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi