• Breaking News


    Jumat, 24 Februari 2017

    Bupati Ciamis Beri Sambutan di GOi GREEN Jilid 15


    Bupati Ciamis Beri Sambutan di GOi GREEN Jilid 15

    tablOi.com. Bupati Ciamis Iing Syam Arifien mengimbau agar masyarakat ikut menjaga dan melestarikan Gunung Syawal yang berada di Kabupaten Ciamis. Gunung yang memiliki ketinggian 1.764 di atas permukaan laut menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Tatar Galuh. Rusaknya Gunung Syawal akan menjadi bencana bagi Kabupaten Ciamis.

    “Ciamis punya Gunung Syawal yang harus kita rawat bersama-sama. Rusaknya Gunung Syawal akan menjadi bencana bagi Kabupaten Ciamis karena sudah menjadi sumber kehidupan,” kata Bupati Ciamis dalam sambutannya di acara GOi GREEN Jilid 15 Ormas Oi di Gedung Sub Terminal Agrobisnis (STA), Desa Sukakerta, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (4/2/2017).

    Beliau pun mengatakan bahwa keanekaragaman hayati dan ekosistemnya Gunung Syawal saat ini masih terjaga dengan baik. Bahkan, masih banyak flora dan fauna langka yang hidup di gunung itu.
    “Kalau kita tidak menjaganya, mereka akan punah dan kita akan terkena bencana alam besar,” jelas dia.

    Lebih lanjut  Iing mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama Ormas sudah sering melakukan penanaman pohon di Gunung Syawal.
    “Jangan sampai dirusak lagi. harus kita jaga bersama – sama,” ujarnya.

    Dalam sambutan acara GOi GREEN, beliau juga mengatakan bahwa acara Oi yang fokus pada lingkungan hidup, selaras dengan visi Kabupaten Ciamis yang ingin menjadi Kabupaten konservasi.

    “Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kreativitas anak-anak Oi,” kata Iing.
    Sejak tahun 2015 lalu, Ciamis sudah fokus melakukan penanaman pohon di sekitaran Ciamis Kota. Dilanjutkan dengan pemeliharaan di Gunung Syawal.

    “Kita hijaukan Ciamis di sepanjang jalan protokol dan jalan lainnya. Sudah ribuan pohon kami tanam. Kami juga membagikan ribuan pohon kelapa kepada seluruh desa, sekolah dan masyarakat untuk ditanam,” ungkap dia.
    Menurut dia,  semua itu dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan dan pencemaran udara yang sudah memprihatinkan. Selain itu, menanam pohon berarti memberi bekal hidup kepada anak cucu di masa depan.

    “Pohon yang ditanam hari ini tidak kita rasakan secara langsung. Tetapi setidaknya kita memberikan bekal untuk anak cucu kita nanti,” pungkasnya.
    Acara GOi GREEN Jilid 15 yang digelar oleh Badan Pengurus Wilayah Oi Jawa Barat  bertajuk ‘Menanam Pohon dan Jangan Berhenti Belajar’ itu pun dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar. (*)



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi