• Breaking News


    Senin, 27 Februari 2017

    Tips Memulai Bisnis Dari Hobi

    Tips Memulai Bisnis Dari Hobi
    tablOi.com. Memulai bisnis berdasarkan hobi, memang lebih menguntungkan. Selain lebih passion, kita akan merasa senang dalam menjalani bisnis tersebut, dan tidak akan merasa terbebani dengan beban pekerjaan. Jenis pekerjaan yang dimulai dari sebuah kecintaan dan rasa senang terhadap suatu hal, akan memberikan dampak lebih positif terhadap para pelaku bisnisnya. Berikut ini terdapat 7 tips bagaimana cara memulai bisnis dari berbagai jenis hobi yang digemari.

    1. Mengawali segala sesuatu dengan hal yang disukai (passion)
    Tentu sangat menyenangkan memulai segala sesuatu dengan hal yang dicintai, kemudian bisa menjadikannya sebuah bisnis yang dapat menghasilkan uang. Seseorang yang mengawali bisnisnya dengan passion, akan selalu memiliki minat dan tidak pernah merasa putus asa dengan hal yang dikerjakannya.

    2. Kenali pasar
    Belum tentu hobi yang diubah menjadi bisnis selalu memiliki pangsa pasar. Ada baiknya Anda mengenali pasar terlebih dahulu dengan melakukan berbagai riset sebelum memulai bisnis. Anda dapat menghadiri berbagai workshop, pameran, bazar, dan lain dapat menyesuaikan produk dengan selera yang diinginkan pasar.

    3. Menentukan media pemasaran produk (online / offline)
    Sangat penting untuk memahami dan menentukan media marketing yang paling tepat bagi produk-produk Anda. Cara penjualan produk bisa melalui offline atau online. Apabila Anda belum memiliki cukup dana untuk membuka sebuah toko, maka Anda dapat menjual produk-produk Anda secara online. Misalnya
    saja melalui Instagram, Facebook, maupun website e-commercee.

    4. Menentukan harga produk yang tepat
    Hal pertama yang paling penting dari membuka sebuah bisnis adalah bukan bagaimana mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Anda memang harus menghitung biaya-biaya yang dikeluarkan, termasuk biaya bahan, dan biaya operasional lainnya agar tidak rugi. Namun keuntungan besar bukanlah hal yang utama dalam bisnis, melainkan kontinuitas atau seberapa lama bisnis dapat bertahan dan berkembang.

    5. Selalu kreatif dan siap berinovasi
    Bekerja dan memiliki bisnis sesuai passion belum tentu jaminan bahwa bisnis yang Anda miliki adalah satu-satunya. Tentu Anda menyadari bahwa banyak orang yang memiliki hobi yang sama. Apabila orang-orang dengan hobi yang sama tersebut memutuskan untuk membuka bisnis dari hobi yang ditekuninya, maka bukan tidak mungkin kompetitor Anda akan semakin beragam. Hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi hal ini adalah selalu menjadi kreatif dan tidak takut untuk melakukan inovasi-inovasi, baik tentang produk maupun promosi.

    6. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas
    Menyukai suatu hal tertentu, pastinya Anda harus menjadi yang paling tahu tentang hal tersebut. Misalnya tentang merajut, maka Anda harus tahu siapa saja tokoh-tokoh dibidang merajut yang sudah sangat pro dan bisa dijadikan panutan, mengetahui teknik-teknik merajut dengan tepat, dan lain sebagainya. Anda harus menjadi seorang yang pro di bidang yang Anda sukai.

    7. Networking
    Memiliki usaha yang bermula dari hobi, tentunya tidak lepas dari kebutuhan akan jaringan bisnis dan koneksi yang tepat. Networking ini dapat bermanfaat untuk media promosi produk, maupun untuk kemajuan dan perkembangan bisnis Anda.

    Demikian tips memulai bisnis dari hobi. Semoga bermanfaat. (*)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi