• Breaking News


    Minggu, 04 Maret 2018

    Iwan Fals Konser Situs Budaya NTB


    tablOi.com - Tiga Rambu Manajemen yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan automotif terbesar di dunia, kembali mengadakan konser Iwan Fals & Band yang bertajuk "Konser Situs Budaya" Ke-10 yang kali ini mengangkat Budaya Nusa Tenggara Barat (NTB). Kerajaan Lombok dan Bima. Bertempat di Panggung Kita Leuwinanggung Depok, Sabtu (03/03/2018).
    Dihadiri sekitar seribu orang penggemar Iwan Fals bersama Organisasi Masyarakat Oi  yang berkumpul menjadi satu, larut dalam lagu-lagu yang dibawakannya Iwan Fals & Band

    Berbicara mengenai Nusa Tenggara Barat/NTB sendiri adalah sebuah provinsi yang Ada di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara ini memiliki 10 Kabupaten Kota. NTB terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Jika kita melihat sejarah pada abad ke-14-15 Masehi,  Pulau Lombok berada di bawah pengaruh kekuasaan Kerajaan Majapahit. Bahkan dikabarkan bahwa Maha Patih Gajah Mada sendiri yang saat itu datang ke Pulau Lombok untuk menundukkan beberapa kerajaan yang ada di pulau tersebut. Melemahnya pengaruh Majapahit, membuka jalan bagi perkembangan Agama Islam ke daerah Lombok dan menjadi asal usul kerajaan Lombok.

    Bukti-bukti terkait kerajaan Lombok telah ditemukan oleh Arkeolog yang berasal dari abad Ke-14, yaitu situs Wadu Pa'a dan situs Wadu Tunti yang membuktikan eksistensi peradaban Kerajaan Bima.  mulai didirikan pada awal abad 13 Masehi dengan Raja pertamanya Sang Bima 1, dinobatkan sekitar tahun 1200 Masehi, kemudian digantikan dengan anaknya Indra Zamrud yang di nobatkan tahun 1220 Masehi.

    Konser Iwan Fals & Band kali ini juga berkolaborasi dengan Riyanni Djangkaru sebagai MC,  Andien sebagai Bintang tamu, dan Sanggar Dwipayana Nusantara, dengan membawakan beberapa lagu hits nya diantaranya adalah,  Intro,  Ada,  Dimata Air Tak Ada Air mata, Ambulance Zig-zag, Tince Sukarti Binti Mahmud, Ya.. Ya.. Ya.. Oh.. Ya,  Gemilang,  Seperti Matahari,  Yang Tersendiri,  Asmara Pancaroba,  Sangkala,  Hutanku,  Coretan Di Dinding, Nyanyian Jiwa,  Kesaksian,  dan Karena Bunda Kami.
    Selain membawakan lagu-lagu hitsnya, Iwan Fals dan band juga membawakan lagu Tradisi Lombok Tagining Amaq,  dan lagu Tradisi Bima Satompi Mpida.

    Riyanni Djangkaru saat press conference mengatakan dengan Konser Situs Budaya ini ia dapat mengenal budaya Indonesia dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya yang kita miliki.

      "Kerja sama ini adalah suatu kehormatan bagi saya pribadi,  dimana sebagai seorang yang hobi berpetualang,  Konser Situs Budaya yang digelar oleh Tiga Rambu manajemen ini, semakin melengkapi perjalanan saya agar lebih mengenal budaya kita sendiri dan menumbuhkan rasa kecintaan saya terhadap budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, sehingga sudah seharusnya kita jaga dan kita lestarikan sebagai warisan untuk anak-cucu kita kelak," ujar Riyanni Djangkaru.

    "Tak kenal maka tak sayang, untuk itu marilah kita mengenal budaya kita, agar kita menyayangi budaya kita",  pungkas Riyanni.

    Dalam kesempatan tersebut pula,  Andien sebagai bintang tamu menyampaikan bahwa suatu konsep musik dan pemikiran yang sangat luar biasa dari seorang musisi Legenda Indonesia bersama timnya, dimana kita diajak untuk lebih mengenal budaya kita sendiri.

    "Semoga hal ini menjadi sebuah inspirasi bagi para musisi muda untuk bisa melestarikan budaya kita, karena jika kita melakukan hal ini dengan beriringan maka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, " singkat Andien.

    Iwan Fals sendiri dalam kesempatan serupa menyampaikan bahwa dengan landasan rasa sayang dan rasa syukur,  kita berharap agar kita bisa mencintai serta menjaga cagar budaya yang dimiliki oleh bangsa ini. 

    "Oleh karena itu, melalui musik saya berharap agar masyarakat lebih mengenal budaya kita dan ikut berperan serta untuk melestarikan budaya bangsa kita, " tutup Iwan Fals.      ( Ardhi/Sbudi - Foto : liputan6.com )


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi