• Breaking News


    Sabtu, 19 Mei 2018

    8 Tips Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

    8 Tips Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

    Menjalani ibadah puasa memang bukan sekedar tentang menahan hawa nafsu dari rasa lapar dan haus. Tapi juga menahan nafus dari berbagai godaan yang ada di sekeliling kamu. Tapi tahukah, bahwa saat berpuasa tubuh kita mengalami perubahaan metabolisme yang disebabkan oleh karena perubahaan jadwal makan.

    Kalau kamu tidak terbiasa dengan berpuasa, kamu akan merasa letih dan lesu saat menjalani puasa. Namun seharusnya puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak melakukan apa-apa, malah sebaliknya kamu melakukan banyak kegiatan positif saat berpuasa. Ini dia 8 tips untuk membantumu agar tetap bugar selama berpuasa:

    1. Jangan lewatkan makan sahur 


    Mungkin memang susah untuk kamu bangun saat subuh untuk menyantap makanan. Apalagi kalau kamu tidak terbiasa melakukan puasa Senin Kamis. Sahur sangat membantu agar kamu bisa tetap bugar saat berpuasa karena seharian kamu tidak menyantap apapun sebagai sumber energimu.

    Karena itu jangan malas untuk bangun dan makan sahur. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein seperti telur, kacang-kacangan atau ikan. Karena protein bisa membuatmu tetap merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat.

    2. Jangan makan terlalu banyak saat berbuka.


    Kalau kamu punya kecenderungan untuk “balas dendam” saat berbuka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Buka puasa bukan berarti kamu bisa memakan semua makanan yang kamu mau karena seharian tidak menyantap apapun. Apalagi saat berpuasa banyak pedagang-pedagang yang menjual makanan-makanan yang menggoda untuk dibeli. Makan lah makanan yang dibutuhkan oleh tubuhmu bukan nafsu.

    3. Makan makanan dan minuman yang bisa memenuhi cairan tubuh


    Berpuasa membuat cairan di dalam tubuhmu berkurang drastic bahkan bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa memenuhi cairan tubuhmu. Jika kamu kesulitan untuk minum air putih sebanyak 1,5 liter selama sahur dna berbuka, kamu dapat menggantinya dengan air kelapa, smoothies, jus atau sop.

    4. Jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung Karbohidrat.


    Sebagai orang Indonesia memang susah untuk mengurangi konsumsi nasi. Apalagi saat berbuka rasanya yang pertama dicari adalah nasi. Tapi sebenarnya karbohidrat hanya bisa bertahan di tubuhnya dalma beberapa jam saja, setelah itu kamu akan merasa lapar lagi. Karena itu, perbanyaklah menyantap makanan yang mengantung nutrisi seperti sayur dan daging.

    5. Kurangi makanan yang asin.


    Makanan asin seperti kentang goreng, keripik atau kacang goreng membuat kamu cepat merasa haus. Sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan asin saat berpuasa

    6. Minum air saat berbuka atau sahur bahkan ketika tidak haus.


    Memang tidak biasa jika kamu minum saat tidak haus. Tapi usahakanlah minum saat berbuka atau sahur, karena tubuhmu membutuhkan banyak cairan untuk cadangan saat berpuasa. Paksakan dirimu minum setidaknya 8 gelas saat sahur dan berpuasa

    7. Rencanakan menu berbuka atau sahurmu.


    Jika kamu terbiasa menyantap makanan apa saja yang di depanmu ketika kamu lapar, kamu akan membeli apa saja yang dijual oleh pedangan-pedangan yang berjualan menjelang berbuka puasa. Sebaiknya kamu merencanakan menu untuk berbuka dan sahurmu, agar makananmu lebih teratur.

    8. Hindari mengkonsumsi kafein


    Untuk kamu yang berencana tidak tidur lagi setelah menyantap sahur, mungkin kopi merupakan minuman yang tepat agar kamu bisa tetap terjaga. Tapi ketahuilah, mengkonsumsi kopi saat sahur itu tidak baik untuk tubuhmu. Kafein dalam kopi dapat membuatmu lebih sering buang air kecil, dan kalau kamu keseringan buang air kecil cairan di dalam tubuhmu akan cepat berkurang. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi kafein.



    Itulah 8 tips agar kamu tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Semoga ibadah kamu menjadi bermanfaat bukan hanya untuk dirimu tapi juga untuk orang-orang di sekitarmu.
    (*)

    sumber : idntimes.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi