• Breaking News


    Minggu, 09 September 2018

    Menjadi Ikon JTF 2018, Tiga Wanita Kuat Ini Membuat Iwan Fals Terkagum-kagum


    Menjadi Ikon JTF 2018, Tiga Wanita Kuat Ini Membuat Iwan Fals Terkagum-kagum
    Tiga ‘Lady Driver’ Umi Syarifah dari Jember, Rukhayati dari Baturaja, Sumatera Selatan, dan Imahwati dari Semarang

    Ternyata pria bukan lagi satu-satunya kelompok yang mengendarai truk. Ini terbukti karena ada tiga pengemudi truk wanita. Mereka menjadi ikon acara 2018 Jogjakarta Truck Festival (JTF) di Jogja Expo Center.

    Ketiga pengemudi perempuan ini adalah Syarifah Firdausi alias Umi Syarifah dari Jember, Rukhayati dari Baturaja, Sumatra Selatan, dan Imahwati dari Semarang, Jawa Tengah.

    Ketua 2018 JTF Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Indro Kimpling Suseno mengatakan tiga pengemudi perempuan adalah daya tarik utama.

    "Mereka membuktikan bahwa perempuan yang kuat adalah nyata. Mereka mampu melakukan pekerjaan ini, mengendarai truk mereka sendiri, mengganti ban mereka sendiri," kata Indro.

    Syarifah Firdausi Umi Syarifah, 39 tahun, telah mengendarai truk sejak 2005 tetapi baru menjadi sopir truk sejak 10 tahun lalu. Wanita berhijab ini terpaksa menjalani profesi untuk mendukung delapan anaknya sejak berpisah dengan suaminya beberapa tahun yang lalu.

    "Saya belajar mengendarai truk otodidak. Kebetulan itu hobi otomotif," kata Syarifah.

    Dia saat ini menggerakkan truk-truk pengangkut Mitsubishi Colt Diesel untuk membawa material. Dia juga sering mendapat proyek tambahan untuk mengangkut bahan paving jalan di Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

    Umi Syarifah mengatakan rute yang dia tempuh dari Jember seperti Semarang dan Madura. Dia juga mengatakan bahwa dia selalu membawa truk sendirian tanpa bantuan asisten.

    "Semua dijalani dengan ikhlas," katanya.

    Perempuan perkasa lainnya adalah Rukhayati dari Baturaja. Setelah suaminya pergi, Rukhayati mulai mengemudikan truk ke Lampung. Wanita yang lahir di Ulak Agung Ulu pada 23 April 1997 itu biasa mengendarai truk Ragasa 120 PS. Sementara Imahwati dari Semarang mengatakan dia telah menjadi sopir truk selama beberapa tahun.

    Imahwati mengatakan bahwa meskipun dia lelah, dia melanjutkan profesi ini untuk bekerja mendukung keluarganya. "Jika lelah, saya hanya minum kopi atau tidur siang," kata Imahwati.

    Ketiga bertemu dengan Duta Merek Mitsubishi Fuso, Iwan Fals di Hotel Grand Dafam, Sabtu (9/8/2018) sore. Legenda musik bertemakan sosial itu takjub dan kemudian kaget setelah mendengar cerita tentang ketiga pembalap wanita itu.

    "Mereka benar-benar kuat. Mereka mampu melakukan pekerjaan berat yang biasanya dilakukan oleh laki-laki," kata Iwan Fals.

    Ketiganya mengakui bahwa mereka mengenal Iwan Fals melalui lagu-lagunya, yang sering menjadi teman mereka di jalan untuk mencari keberuntungan bagi anak-anak mereka.

    Ketiganya juga merasa beruntung dapat bertemu langsung dengan Iwan Fals dan menceritakan tentang perjalanan hidup mereka, bahkan sedikit curhat tentang rintangan yang mereka hadapi.

    Ketiganya hadir di JTF 2018 untuk memeriahkan acara JTF 2018. Kontes modifikasi 2018 Jogja Truck Festival diikuti oleh 140 truk dan 35 pick-up serta 30 unit truk miniatur.

    Acara ini dihadiri oleh peserta dari Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Lampung, Jambi, Jepara, Cirebon, Jember, Malang, Solo, Kudus, Bali, Lombok, Mojokerto, Blitar dan Yogyakarta dan Wonogiri. (*)


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi