• Breaking News


    Sabtu, 04 Mei 2019

    Kodim 0616 Indramayu Adakan Kegiatan Mitigasi Bencana Alam


    tabloi.com - Dandim 0616/Indramayu melaksanan kegiatan Migitasi bencana alam yang dilaksanan di Desa Eretan Kulon Blok Kebon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, Sabtu (4/5/2019) dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB.

    Kegiatan Tersebut dibuka oleh Dandim 0616/Indramayu Letkol kav Agung Nurcahyono S.I.P MTr (Han), Dan dihadiri oleh Koramil seindramayu, Camat Kandanghaur, Kepala Desa Eretan Kulon, Karang Taruna Desa Eretan Kulon, Tagana Indramayu, Ormas Oi Indramayu, Slankers Club Indramayu, MTS Hasanudin, SMK Hasanudin, Ormas XTC Kandanghaur, Brigez Kandanghaur dan juga Warga Desa Eretan Kulon, dengan jumlah 150 orang peserta.

    Dengan adanya kegiatan Mitigasi Bencana Alam diharapkan peserta mendapatkan wawasan tentang Mitigasi Kebencanan. Hal tersebut di benarkan oleh Letkol kav Agung Nurcahyono S.I.P MTr (Han), saat memberikan sambutan di acara tersebut.

    BPBD Indramayu yang diwakili oleh Caya dan Ismail memberikan Materi Kebencanaan.Materi yang di berikan kepada peserta antara lain tentang water resque, evakuasi korban, teknik mendayung dan peragaan blender boat. Tidak hanya itu saja pihak penyelenggara pun melaksanan penanaman pohon mangroove dan pohon asam.

    Selain memberikan materi secara langsung tentang Mitigasi Kebencanaan juga melakukan simulasi kepada peserta kegiatan tersebut. Antusias peserta begitu sigap dan memiliki keinginan yang kuat untuk mengikuti pelatihan tersebut.

    Salah salah dari peserta, Melinda Agustin dari Ormas Oi Indramayu, ia mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dengan keikutsertannya pada kegiatan tersebut.

    "Ada sih rasa takut untuk mengikuti simulasi Water Rescue, karena saya di pilih menjadi si korban, berikut juga dilatih menjadi rescuer. Bagi saya ini salah satu pengetahuan, kebanggaan dan pengalaman yang berharga. Saya sangat berterimaksi kepada pihak penyelengaran kegiatan mitigasi kebencanan ini, khususnya untuk Pak Dandim Indramayu," kata Melinda Agustin, seusai mengikuti pelatihan mitigasi kebencana.


    Ditemui secara terpisah, Bpk. Ali Sa'id, S.Pd.I Ketua BPK Oi Indramayu mengungkapkan bahwa "Kami merasa bersyukur karena dilibatkan kembali pelaksanaan Pelatihan Mitigasi Bencana di tahun 2019 ini, karena saat 2018 juga kami turut serta. Terimakasih kami ucapkan pada Kodim 0616/Indramayu, BPBD Kab. Indramayu, Tagana Indramayu, Camat Kandanghaur, Kuwu Desa Eretan Kulon dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Dan menjadi sangat penting dalam mempersiapkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, khususnya di wilayah pesisir laut Kandanghaur".

    "Kami membawa kader kader relawan Oi yang Insya Allah sangat bermanfaat untuk kami dalam mempersiapkan relawan yang tangguh", imbuh Sa'id.

    Ketua Slankers Club Indramayu, Yanto king Jerry Art mengatakan bahwa dirinya bersama teman-temannya datang di acara tersebut merasakan pengalaman yang perdana karena pengalaman mitigasi ini sangatlah berguna.

    Acara tersebut berjalan dengan aman dan lancar.(*Sugiyanto)



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi