• Breaking News


    Minggu, 12 Mei 2019

    Rudi Jamil, Aktor Sekaligus Komedian Dibalik Nama Iwan Fals


    tabloi.com - Aktor/komedian senior Rudi Jamil dikabarkan meninggal dunia, Minggu (12/5). Kabar duka ini pertama kali muncul lewat pesan WhatsApp.

    “Innalilahi Wa Innailahi Rajiun. Telah wafat artis/komedian asal Jabar Rudi Jamil hari ini pukul 15.15 WIB di Rumah Sakit Al Islam, Bandung. Semoga almarhum husnu khatimah, Amin ya Rab.,” demikian bunyi kabar duka tersebut.

    Kabar tersebut juga beradar di grup WhatsApp. Disebutkan bahwa Rumah Duka di Jalan Saturnus Barat II/8 Margahayu Raya-Rancabolang, Soekarno-Hatta Bandung.

    Sekilas tentang Rudy, ia merupakan aktor pemeran Djoni Kemod dalam film si Kabayan dan Gadis Kota pada tahun 1989. Selain itu, ia pun tercatat sebagai pemain pembantu dalam film Drakula Mantu di tahun 1974.




    Nama Iwan Fals diberikan Engkus Kusnadi, 58 tahun. Engkus mengaku kerap 'menjajakan' Iwan remaja ke berbagai acara. Engkus kepincut pada Iwan, karena Iwan, yang saat itu masih menjadi pelajar SMA 5 Bandung, pandai bernyanyi dan piawai bermain gitar.

    Suatu malam pada 1970-an, Engkus mengajak Iwan mendatangi tempat perpisahan alumni SMEA di Jalan Wastukencana. Acara yang dipandu Rudy Djamil itu menampilkan kelompok band kenamaan The Rollies, yang juga disukai Iwan.

    Kepada Rudy, Engkus menyebut punya sobat yang jago main gitar dan bisa nyanyi. Ia meminta Rudi menyelipkan penampilan sang sobat dalam acara itu. Namanya? "Iwan Fals," sebut Engkus kepada Rudi.

    "Saya menambahi nama 'Fals' sebagai antisipasi biar penonton tidak marah kalau suaranya fals karena grogi," ujar Engkus
    yang kini bertempat tinggal di pinggiran Sungai Citarum, Soreang, Bandung. (*)






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi