• Breaking News


    Minggu, 02 Februari 2020

    BPK Oi BATANG ADAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN PEMASANGAN PAPAN HIMBAUAN KEBERSIHAN


     
    tabloOi.com - Batang - Puluhan pemuda yang tergabung dalam BPK Ormas Oi Batang mengadakan kegiatan bersih kali dan pemasangan papan himbauan kebersihan di Batang, kegiatan ini diadakan pada hari Minggu (2/2). Sejak pagi, mereka berkumpul di kantor sekretariatnya yang berada di desa Kecepak. Diawali dengan membersihkan aliran sungai dan lingkungan sekitar kemudian memasang papan himbauan kebersihan dibeberapa tempat di Batang.

    Memasuki musim hujan ini Batang beberapa kali dilanda luapan air baik dari sungai ataupun selokan yang menggenangi beberapa jalan dan pemukiman. Intensitas curah hujan yang tinggi ditambah minimnya kesadaran sebagian masyarakat dalam membuang sampah yang tidak bijak adalah beberapa faktor penyebabnya.

    Melihat kondisi ini, BPK Oi Batang mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dan pemasangan papan himbauan. Oi adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang awalnya adalah perkumpulan para fans musik karya Iwan Fals dan kemudian bermetamorfosa menjadi sebuah organisasi kemasyarakatan sejak tahun 1999 lalu.

    Dalam berjalannya, Oi jelas ada peraturan organisasinya serta AD/ART nya. Fajar, ketua Badan Pengurus Kabupaten (BPK) Ormas Oi Batang menyampaikan: "Kegiatan ini adalah salah satu implementasi dari visi misi ormas Oi, Oi harus peka terhadap lingkungan, kita wajib turun tangan menyikapi ini, setidaknya kita berupaya meminimalisir terjadinya banjir dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar."

    Sugito, pembina Oi Batang merasa bangga melihat kekompakan dan semangat anak anak muda yang tergabung di Ormasnya, selain dari penikmat lagu lagu karya Iwan Fals, mereka mampu mempraktikannya di masyarakat, meski hanya kegiatan sederhana.

    Seorang anggota Oi Batang bernama Toni Purwanto dari Kalipucang Wetan rela mengikuti kegiatan sosial ini. "Kebetulan hari ini saya libur kerja, awalnya anak saya ngajakin liburan kepuncak, tapi karena ada kegiatan yang bagus ini akhirnya saya pilih mengikuti kegiatan ini bersama anak saya." akunya.

    Selain anggota Oi, banyak masyarakat yang ikut turun dalam pelaksanaan kegiatan kebersihan dan pemasangan papan himbauan ini, Kuntoro adalah salah satunya. Dia mengungkapkan kegembiraanya dan berterimakasih atas diadakannya kegiatan tersebut. "Hampir setiap hari jumat kami warga Kecepak melakukan kebersihan lingkungan, dan hari ini kami kedatangan banyak orang anggota Oi melakukan bersih bersih dikampung kami, saya sangat terharu" ungkapnya.

    Disela sela pemasangan papan himbauan, Casono selaku korlap kegiatan ini mengutarakan bahwa kegiatan ini adalah murni kegiatan sukarela anggota Oi Batang, bahkan untuk biaya pembuatan papan ini pun  terkumpul secara sukarela dari anggotanya. "Alhamdulillah meskipun hanya sekedar bersih bersih lingkungan dan pasang papan himbauan, ini adalah wujud dari kecintaan kami terhadap lingkungan kami. Kami sudah membersihkan kali dan memasang papan himbauan dibeberapa titik diantaranya di pasar, di pinggir kali, ditempat wisata dan dibeberapa kampung, harapannya ini bisa memotifasi masyarakat untuk lebih mencintai lingkungannya" pungkasnya. (*Fjr/Oi)


    1 komentar:

    Munas Oi

    Rakernas Oi

    Muskot Oi